Daya Tarik Pulau Lombok



Bila anda ingin berlibur ke Lombok, jangan lupa kunjungi 3 obyek wisata paling popular dan bisa dibilang masih perawan, yaitu Gili Meno, Gili Terawangan dan Gili Air. Di samping itu terdapat obyek-obyek wisata pantai lainnya yang menarik dan memiliki fasilitas Hotel bintang lima, seperti pantai Senggigi dan patai Kute. Senggigi berada di sebelah barat laut pulau Lombok dan termasuk wilayah Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan Pantai Kute ada di sebelah Timur namu termasuk wilayah Lombok Tengah, lokasinya tidak jauh dari Bandara Udara Internasional Lombok yang baru-baru ini dibangun.

 Salah satu daya tarik pulau Lombok dibandingkan dengan pulau Bali, ialah pantai-pantainya yang bisa dibilang masih bersih dan keindahannya tidak kalah dengan pantai-paintai Pulau Bali. Di sana pemerintahnya membuat slogan untuk pariwisata Lombok dengan mengatakan: You can See Bali in Lombok but You Can Not see Lombok in Bali. Kenapa? Karena dari segi keindahan pulau dan pantainya, Lombok bisa dibilang sama dengan Bali, demikian pula budaya yang ada di Bali ternyata bisa dijumpai di Lombok , seperti gamelan, upacara agama dan adat Bali dll, sebab Lombok pernah berada di bawah jajahan Ratu Agung kerajaan Bali, sehingga corak kebudayaannya banyak dipengaruhi oleh Bali.
Adapun di Bali anda tidak akan menemukan budaya Lombok asli karena mayoritas penduduk Lombok Bergama Islam yang cukup fanatic. Di sinilah kelebihan yang dimaksud dengan slogan tersebut.
Bagi anda yang mengharapkan ketenangan dan suasana fanorama alam yang natural, sebaiknya berwisata ke pulau Lombok. Terutama ke 3 gili atau pulau-pulau kecil di tengah laut itu. Di sana anda bisa melakukan difing, surfing maupun fishing.  Suasana ketenangan akan benar-benar anda nikmati dan cocok buat berbulan madu. Tidak ada suara kendaraan berisik di sini, karena angkutan daratnya hanya berupa kereta kuda atau cidomo dan sepeda.
Salah satu keunggulan berlibur di sini adalah Anda dapat melarikan diri dari suasana kota besar yang ramai dan penuh polusi. Bahkan di Gili Trawangan yang merupakan pulau terbesar dengan fasilitas cukup lengkap, kendaraan bermotor dilarang beroperasi. Karena itu Anda tidak akan terganggu dengan bisingnya suara motor dan mobil.
Untuk berkeliling Gili Trawangan, Anda dapat berjalan kaki, atau menggunakan kendaraan lokal, yaitu kereta kuda yang disebut cidomo.
Siang hari biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menyelam atau snorkeling di laut sekitar pulau yang indah. Terumbu karang yang beraneka rupa dengan berbagai spesies laut serta air laut yang jernih membuat wisatawan selalu ingin kembali. Di Gili Trawangan juga ada beberapa operatorselam yang menyediakan kursus bersertifikat.

Di sini juga banyak tersedia perahu dengan lantai kaca sehingga Anda yang tidak mau menceburkan diri di air masih dapat menikmati keindahan bawah laut perairan di sekitar ketiga gili ini.
Sore dan malam hari adalah waktunya bersantai. Duduk-duduk beralaskan bantal di kafe-kafe pinggir pantai sambil menikmati suara deburan ombak dan bau air laut. Bagi Anda yang menginginkan malam hari yang “hidup”, Gili Trawangan harus menjadi pilihan Anda. Di pulau ini banyak kafe dan bar yang ramai dikunjungi wisatawan asing hingga lewat tengah malam.
Sedangkan apabila anda berwisata ke Bali kemudian ingin melanjutkan ke Lombok, jaraknya sangat dekat. Hanya 25 menit dengan pesawat dan Speedboad atau 4 jam dengan ferry.  Anda bisa berkeliling ke seluruh pulau Lombok hanya dalam sehari dari ujung Lombok Barat ke ujung Lombok Timur. Oh ya, ada tempat-tempat wisata Lain di Lombok yang menarik, misalnya: Gunung Rinjani, yang terklenal dengan danau 3 warnanya, Desa Ketak, tempat pembuatan gerabah dan Sukarare centra pembuatan kain tenun khas Lombok. Sedangkan even yang cukup menarik di sana ialah Bau Nyale, yaitu upacara penangkapan cacing laut yang disebut nyale, yang konon merupakan penjelmaan dari putrid mandalike yang menceburkan diri ke laut karena masalah asmara. Lokasinya ada di Pantai Kute.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Gadgets